Ide Kerelawanan Di Bulan Seribu Kebaikan

Ide Kerelawanan Di Bulan Seribu Kebaikan

Tidak terasa saat ini kita bertemu lagi dengan bulan Ramadan, sebuah periode waktu yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia tak terkecuali juga oleh kamu, relawan di seluruh Indonesia yang menjalankan ibadah puasa. Bulan Ramadan adalah saat yang paling tepat untuk melakukan proses pengembangan diri dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Ada banyak kegiatan positif yang bisa kalian lakukan mulai dari hal yang religius, pendidikan, dan juga kesehatan. Indorelawan memberikan beberapa Ide kegiatan kerelawanan di bulan seribu kebaikan ini yang dapat kalian lakukan sendiri, berikut ide-idenya :

Menyiapkan Makanan Berbuka Di Rumah Ibadah

Ketika bulan Ramadan, sering sekali diadakan buka puasa bersama di beberapa Masjid. Momen tersebut dapat dijadikan sebuah wadah untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitar, salah satunya membantu pengurus masjid dalam menyiapkan hidangan berbuka sebelum acara dimulai. Mulai dari mengambil dan mengantar bahan baku makanan, proses memasak makanan, dan merapikan sajian agar tertata dengan rapi. Bagi yang ingin membantu sebagai donatur dana atau berbagi makanan yang ada di rumah dapat juga dilakukan berbarengan untuk kegiatan ini. Kamu juga bisa mengajak tetanggamu yang seumuran untuk ikut membantu agar semakin ramai dan seru!

Berbagi Takjil Ketika Macet

Tidak hanya Jakarta, ada beberapa kota-kota besar di Indonesia yang mengalami masalah kemacetan, khususnya pada jalan-jalan sentral yang ada di kawasan perkantoran. Hal tersebut dapat dimanfaatkan di bulan Ramadan ini untuk kegiatan bagi-bagi takjil. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin berbuka puasa namun harus tertunda karena terjebak kemacetan di jalan. Namun, harus diperhatikan ketika membagikan takjil yakni posisi kamu berdiri saat membagikan takjil jangan sampai menjadi penghalang dan justru menyebabkan kemacetan ya. Bagikan saat lampu merah menyala dan jika lampu kuning menyala, kamu harus segera menepi. Jika perlu dalam melakukan kegiatan bagi-bagi takjil di jalan, diharapkan sudah melapor dan berkoordinasi dengan polisi lalu lintas setempat agar tidak menimbulkan huru-hara.

Berbagi Makanan Sahur

Sahur on the Road adalah kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena sering dilakukan setiap tahunnya oleh mereka yang ingin berbagi. Kegiatan Sahur on the Road umumnya diisi dengan kegiatan seperti berbagi makanan sahur, misalnya berbagi kepada yayasan sosial atau dapat juga berbagi langsung kepada masyarakat kurang mampu atau marjinal yang kita temui di jalan. Perlu diingat, bahwa kita tetap harus menjaga ketertiban saat Sahur on the Road jangan sampai mengganggu lalu lintas atau ketenangan waktu sahur warga sekitar. Kamu bisa berkoordinasi dengan pihak berwajib agar kegiatan berbagi makanan sahur ini tetap berjalan aman dan tenang. 

Mendongeng Cerita Nabi

Biasanya anak muda menghabiskan waktu ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan aktivitas di luar beramai-ramai. Nah, daripada tidak ada kegiatan kamu bisa ngabuburit dengan kegiatan yang unik, seperti mendongeng untuk anak-anak. Dongeng adalah salah satu bentuk hiburan yang mudah dinikmati oleh anak-anak. Jika kamu bisa menemukan taman baca atau komunitas belajar di sekitar tempat tinggalmu, kamu bisa mengajukan diri menjadi relawan pendongeng. Dongeng yang disampaikan pun disesuaikan dengan nuansa Ramadan, seperti dongeng cerita nabi, selain untuk menghibur, mereka juga akan mendapatkan contoh tauladan dan ilmu pengetahuan. Di Tahun 2017, mahasiswa StikoAWS di Surabaya melakukan kegiatan tersebut dalam acara Ngabuburit Edukatif dan Asyik (Ngadusi) yang berjalan dengan sukses selama bulan Ramadan. Ide Ngadusi tersebut dapat memotivasi kamu tiru dan lakukan di lingkungan tempat tinggalmu ya!

Taman Baca Keliling

Membaca adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menghabiskan waktu tanpa terasa. Jika kamu punya banyak buku cerita, baik itu buku edukasi atau non-edukasi kamu dapat memanfaatkannya untuk dibuat sebuah taman baca keliling selama bulan Ramadan ini. Komunitas perpustakaan bergerak berbasis sepeda, Gowes Literasi sudah melakukan kegiatan tersebut. Mereka mengajak anak-anak di Jakarta untuk semakin dekat dengan budaya literasi dengan memanfaatkan momen ngabuburit di bulan puasa. Gerakan tersebut pada 2017 melakukan perjalanan panjang menelusuri Jakarta, Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, hingga Kuningan untuk mendekatkan buku kepada anak-anak. Kegiatan  dengan konsep seperti ini masih jarang ditemui, untuk itu akan sangat menarik jika kamubisa memulainya sekarang di bulan baik ini! 

Nah, itu dia ide-ide kegiatan kerelawanan yang kamu bisa lakukan selama bulan puasa ini! Semoga ide-ide tersebut menginspirasi kamu untuk meluangkan waktu membuat kegiatan positif selama bulan Ramadan. Punya ide lain? Yuk bagikan di kolom komentar agar teman relawan lain bisa terinspirasi!

Sumber foto: https://www.gomuslim.co.id/read/muslim_lifestyle/2019/05/15/12229/-p-em-masya-allah-em-ini-7-hikmah-memberi-makanan-berbuka-puasa-di-bulan-ramadhan-p-.html