Tentang Indorelawan

Kami adalah sekelompok orang-orang biasa yang ingin menjadi bagian dari usaha dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik.


Tim Indorelawan

Indorelawan adalah organisasi nirlaba yang membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah.

PENASEHAT

Mr. Arsjad Rasjid

Pak Arsjad adalah salah satu pendukung pertama yang berkat kepercayaannya, memungkinkan Indorelawan.org berdiri dan beroperasi. Pak Arsjad adalah Vice Precident Director dan Group Chief Financial & Operating Officer di Indika Energy.


Pada tahun 2010, Pak Arsjad dinyatakan sebagai Best Executive in Indonesia oleh majalah Asiamoney.


PENDIRI

Widharmika Agung

Pengalaman kerja selama 10 tahun di MNC seperti McKinsey & Co., Unilever dan Egon Zehnder mendorong Widhar untuk mendirikan sebuah gerakan dengan ritme, transparansi dan akuntabilitas layaknya perusahaan profit. Lulusan Harvard Kennedy School ini memiliki perhatian khusus di sektor sosial dan memiliki andil besar dalam mencetuskan gerakan Young Leaders of Indonesia. Bekerja penuh waktu di Capsquare Asia, Widhar berperan besar dalam penggalangan dana dan program kerja Indorelawan.

Di luar kesibukannya dalam menghubungi donor dan memantau perkembangan Indorelawan, Widhar selalu mempunyai target menarik. Tahun ini? 10.000 relawan dan full marathon 42k!

@widharmika


Zaky Prabowo

Setelah menjadi konsultan McKinsey selama 3,5 tahun, Zaky menyalurkan cita-citanya untuk membangun Indonesia melalui Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Saat ini Zaky mendukung Indorelawan dari jauh sembari meneruskan studi di Haas School of Business - University of California, Berkeley dan bekerja untuk online marketplaces di Silicon Valley dan Amerika Latin.

Zaky dikenal sebagai ahli diet oleh teman-temannya setelah berhasil menurunkan berat badan >30 kg!

Zaki Prabowo


Retha Dungga

Pengalamannya di industri kreatif sebagai PR dan produser program di radio memberikan warna tersendiri ketika Retha pindah ke dunia non profit. Selama 5 tahun bekerja untuk Transparency International Indonesia, eksperimennya dalam membangun budaya anti-korupsi bersama komunitas anak muda mendapat penghargaan Young Intrapreneur dari Ashoka Indonesia. Bersama Widhar dan Zaky, Retha berperan dalam membangun jaringan dan kredibilitas awal Indorelawan.org.

Di sela kesibukannya sebagai mahasiswa penuh waktu di Australian National University dalam bidang Antropologi Terapan dan Pembangunan Partisipatif, Retha menyempatkan diri menjadi relawan di ANU Film Group sebagai pengulas film-film independen. Cita-citanya menjadi kurator museum dan produser film masih dalam proses pencapaian.

@rdungga


Ari Awan

Awan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai technopreneur, memulai dan mengembangkan start-up seperti flutterscape.com dan MONOCO. Sempat tinggal di Jepang sejak 2005, kini ia telah kembali ke Jakarta dan terus terlibat dalam pengembangan teknologi Indorelawan.org.

Awan adalah penggemar binatang, dan saat ini memelihara 24 ekor kucing persia di rumahnya.

@ariawan


TIM OPERASIONAL

Marsya Anggia Nashahta, Director

Di antara pengalamannya sebagai relawan di beberapa organisasi, pendampingan para Ibu Rumah Terang di Pasir Panjang, Kepulauan Riau menjadi pengalaman yang mendorongnya untuk bergabung di Indorelawan.org. Dengan tiga tahun pengalaman bekerja di LSM lokal dan e-commerce, Marsya kini memimpin operasional harian Indorelawan.org serta membangun hubungan eksternal dengan partner dan organisasi.

Tiga hal yang membuatnya bersemangat (selain membicarakan Indorelawan) : fiksi remaja, kebun binatang (Chester Zoo!) dan jalan kaki.

@marsyamars


Maritta Rastuti, Volunteer Activation Manager

Baru lulus dari program studi Jurnalistik di Ilmu Komunikasi UI, Maritta bergabung di Indorelawan.org karena ingin bekerja lebih profesional di organisasi non profit. Pengalamannya di Indonesian Future Leaders selama 3 tahun memperkaya upaya Indorelawan.org dalam menjaring serta menghubungkan relawan dan organisasi.

Pernah menjadi relawan di Filipina selama 1.5 bulan, penggemar Game of Thrones ini bercita-cita memiliki naga seperti Daenerys Targaryen.

@MarittaCR


Marsya Nurmaranti, Community Manager

When was the last time you did something for the first time? quote ini yang mendorong Marsya atau biasa disapa Asa ini untuk berani mencoba banyak hal.. Mulai dari menjadi atlet taekwondo, host traveling dan juga mengajar anak marjinal di Sahabat Anak Manggarai. Menurutnya, dunia kerelawanan membuat penggemar Bruce Lee ini, menjadi lebih "hidup", karena 'happiness only real when shared'.

Menyukai laut, crafting dan segala hal yang berhubungan dengan dekorasi! Tidak bisa hidup tanpa Pinterest :p

@marsyaasa


Emanuel Cahyono, Software Engineer

Minat yang tinggi pada dunia sosial dan manajemen sebuah aplikasi menjadi motivasi dan semangat Nuel untuk bisa terlibat di Indorelawan.org. Menurutnya, saat kita tidak bisa membantu orang lain secara langsung, setidaknya kita bisa membuat dan memudahkan orang lain untuk dapat saling membantu. Dan itu bisa dilakukan di Indorelawan.org.

Bermain bersama kucing kesayangan menjadi salah satu cara bagi Nuel untuk menikmati waktu senggang dan menghilangkan stress.

Emanuel Cahyono


Gilang Al Khansa, Junior Full Stack Developer

Gilang menekuni dunia pemrograman sejak kuliah di Universitas Gunadarma. Kegemarannya ini membawa ia menjadi asisten laboratorium dan berpengalaman sebagai staff pengajar kursus di kampus. Kini Ia turut berkontribusi dalam pengembangan fitur-fitur terbaru website indorelawan.

Di luar aktifitas sebagai programmer, gilang juga suka bersepeda, main futsal, dan nonton tv series :)

gakhansa


RELAWAN INTI

Djuanita Nandiani, Admin

Pengalaman Djudju sebagai relawan selama menemani Widhar kala studi di Amerika Serikat lah yang menginspirasi lahirnya Indorelawan. Bekerja penuh waktu sebagai OTR Order Management Specialist di GE Healthcare, Djudju bertanggungjawab untuk menjaga arus kas Indorelawan.org.

Hobinya untuk menjajal tempat-tempat makan terenak tak menghentikan niatnya untuk menaklukkan half marathon di tahun 2015.

Djuanita Agung


Michael Hadiono, Management Information System Team

Berawal sebagai relawan di salah satu organisasi dalam platform Indorelawan, Mike kini menjadi bagian dari tim IT yang memantau agar platform Indorelawan.org berjalan dengan semestinya. Selain kesibukannya sebagai Technology Consultant di Accenture, Mike kerap mengembangkan ketertarikannya dalam dunia public speaking dengan aktif berorganisasi dan mengikuti perlombaan di Toastmaster International.

Tiga hal yang membuat Mike selalu fit dan ceria : bersosialisasi, makan enak, dan tidak lupa berolah raga.

Michael Hadiono


Henry Sinaga, Web Designer

Lulusan Arsitektur ITB ini adalah pecinta rock dan sepeda motor berlampu bulat. Setelah meninggalkan dunia musik, ia bekerja sebagai designer UI/UX di Satutitik Mobile. Diluar kesibukannya di perusahaan IT pada hari senin sampai jumat, Henry tetap menjadi arsitek pada hari sabtu dan minggu. Kesulitan untuk tidur dimanfaatkannya untuk mendesign situs Indorelawan.org.

Walau bekerja di dunia design aplikasi online, ia tidak aktif dalam sosial media. Henry lebih sering menggunakan akun sosial media palsu untuk testing aplikasi yang dibuat.


Arkka Dhiratara, Web Programmer

Terlibat di Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) sejak 2010, Arkka berperan besar dalam lahirnya portal yang amat membantu masyarakat Indonesia : Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat – LAPOR (http://lapor.ukp.go.id)) dan Portal Data Indonesia (http://data.go.id). Lulusan Teknik Informatika Paramadina ini memimpin proses pembuatan situs web Indorelawan.org, terutama versi 2.0 yang lebih dinamis, agar mudah digunakan oleh penggunanya.

Di tengah kesibukannya yang padat, Arkka selalu meyempatkan bermain game minimal 1 jam per harinya sepulang kerja, jam berapapun itu. Work hard, play hard! :D

@arkkaaa


M. S. L. Imam Hidayat, Web Programmer

Mahasiswa Teknik Informatika tingkat akhir Universitas Paramadina ini saat ini sedang mengerjakan tugas akhirnya yang berhubungan dengan Android, NFC, dan model interaksi client-server terbaru. Sejak di bangku SMA, Imam terlibat di berbagai macam jenis pengembangan perangkat lunak, mulai dari website sederhana sampai dengan sistem informasi yang cukup kompleks. Saat ini, sembari terus mengasah kemampuan programming-nya, Imam bekerja sebagai Software Engineer di Traveloka.com

Di tengah aktivitas programming-nya, Imam selalu menyempatkan diri untuk bermain piano dan mengajar di Paduan Suara Universitas Paramadina, Paramadina Choir.

Imam Hidayat


Eric Dinardi, Photographer

Eric adalah pendiri dan photographer Bacteria-Imaginr Photography yang fokus pada fotografi komersil, produk, dan arsitektur. Selain mengerjakan fotografi secara penuh waktu, dalam beberapa waktu secara periodik, Eric menjadi mentor untuk kelas fotografi yang mengkhususkan pada bagian “creative lighting photography“, pembicara pada seminar foto dan instruktur pada workshop fotografi. Profil beserta beberapa karyanya telah di-feature oleh salah satu pabrik kamera professional terbaik di dunia (PhaseOne - Denmark).

Berkat Eric, Indorelawan.org bisa tampil lebih ciamik dengan foto-foto hasil jepretannya.

@ericDinardi www.bacteriaphotography.com


Mahardhika Sadjad, Support Team

Saat ini, Dhika tengah melanjutkan studi di Institute for Social Studies, Den Haag, dengan fokus kebijakan sosial untuk pembangunan. Ketertarikan dia di bidang ini dipengaruhi oleh pengalaman kerja lebih dari 3,5 tahun bekerja di British Council untuk program pemberdayaan usaha sosial berbasis komunitas. Saat bekerja sebagai direktur Indorelawan.org, Dhika berperan besar membangun pondasi awal dan implementasi program secara optimal.

Dhika akan terus mendukung kinerja Indorelawan.org dari jauh! Senang backpacker sendirian tapi tidak suka selfie, Dhika selalu membawa boneka kecil saat bepergian untuk menggantikan dirinya di dalam foto.

Mahardika Sadjad


Bin Anindita, Volunteer Engagement Advisor

Lebih dari 6 tahun di McKinsey & Company dan Holcim Indonesia, Bin mempunyai pengalaman mendalam dalam berjejaring dan mengembangkan program. Di tahun kedua Indorelawan.org, Bin terlibat secara mendalam dalam program aktivasi jaringan relawan.

Bin kini tinggal di Jakarta bersama istri, putra dan putrinya.


Veronica Utami, Marketing & Branding Advisor

Lebih dari 9 tahun berkecimpung dalam branding dan marketing di Procter & Gamble, Vern menjadi mesin penggerak dari berbagai branding Indorelawan.org seperti tagline : “ubah niat baik jadi aksi baik” dan program Belajar Berbagi.

Meski sangat menyukai pekerjaannya, Veronica, yang kini menjabat sebagai Head of Marketing Google Indonesia, ternyata pernah berhenti dari dunia korporat untuk mengajar di almamater selama 1 semester!

@veronicazcloset


Elizabeth Silalahi, Legal & Fundraising Advisor

Elizabeth saat ini adalah seorang konsultan di Egon Zehnder, suatu firma executive search global. Sebelumnya adalah partner di salah satu firma hukum terkemuka di Indonesia. Elizabeth memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang hukum, terutama pasar modal dan investasi. Jejaringnya yang luas dikombinasikan dengan pengetahuan hukum menjadikannya relawan yang strategis dan mitra untuk memperkuat Indorelawan.org.

Petualangan adalah bagian dari pembelajaran hidup, Elizabeth suka sekali menjelajahi tempat baru (dan makanannya), seperti perjalanan naik kereta hingga Siberia!

Elizabeth Silalahi